Open, Saving and Appending Files

Open, Save, Append

Open, Save, Append

Blender menggunakan perintah mirip dengan program lain untuk menyimpan dan membuka pekerjaan Anda dengan beberapa pengecualian. Blender dapat menggunakan “Open” perintah untuk membuka Blender (. Blend) file dan perintah “Append atau Link” untuk membawa elemen-elemen dari sebuah file Blender ke file Blender lainnya. Perintah open dapat digunakan untuk meng-impor file VRML (. Wrl) dan. DXF dari program lain. Ini adalah pertukaran generic file extentions dimana sebagian besar program dapat bekerja dengannya. Blender juga memiliki pilihan Ekspor dan Impor dalam menu file.

Perintah Save

Ketika pertama kali Anda mulai bekerja dengan Blender, tampaknya hampir mustahil untuk mengetahui bagaimana untuk menyimpan pekerjaan Anda. Interface file Blender hampir menyerupai MS-DOS. Selain itu, setiap kali Anda menyimpan file yang sudah ada, file sebelumnya menjadi back-up file dan disimpan dengan ekstensi baru (. Blend1). Ini selalu memberikan back-up jika terjadi masalah. Berikut adalah apa yang Anda lihat ketika anda menekan perintah save:

Perintah Save

Perintah Save

Perintah Append atau Link

Ketika Anda harus memasukkan elemen dari satu file Blender (. Blend) ke file Blender lainnya, Anda perlu menggunakan perintah Append atau Link dari file menu pull-down. Sementara di Append, Anda perlu untuk menavigasi ke file Blender yang anda ingin sisipkan, lalu pilih apa yang ingin Anda tambahkan ke dalam file yang terbuka. Anda dapat menambahkan apa pun mulai dari kamera, lampu, meshes, bahan, tekstur, adegan dan objek. Umumnya kita gunakan pilihan Objek. Dengan menambahkan objek, setiap bahan, tekstur dan animasi yang berkaitan dengan objek tersebut akan secara otomatis terbawa dengannya. Klik Tombol Mouse kanan (RMB) pada objek untuk  memilih \ tidak memilihnya. Mengetik “A” akan memilih mereka semua. Setelah Anda memilih semua objek untuk ditambahkan, klik tombol “Load Library” di sudut kanan atas layar.

Append atau Link

Append atau Link

Pilihan Link memungkinkan Anda untuk link ke file Blender lain daripada menyisipkannya ke dalam file yang terbuka. Pilihan ini memungkinkan untuk menghubungkan perubahan pada file yang akan diperbarui secara otomatis ketika file lain dibuka.

Posted on September 16, 2009, in Bab 01. Blender Interface and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: