Rendering

Rendering adalah output bergambar sebuah adegan atau objek 3D. Fitur seperti material, pencahayaan, oversampling dan bayangan mengontrol efek dan kualitas rendering. Semakin banyak fitur ini Anda tambahkan, semakin realistis gambar Anda, tetapi juga memperlama waktu rendering.

Material dan Tekstur:

Anda dapat mengontrol bagaimana suatu objek terlihat dengan menerapkan warna dan tekstur. Material memberikan realisme dengan efek tambahan. Anda dapat mengontrol kilau (specularity), pencahayaan karakteristik self-emitting, transparansi dan pengulangan pola. Raytracing dapat memberikan efek refleksi (pecerminan) dan pembiasan (transparansi). Tekstur bisa dibuat dari scan foto atau gambar objek yang menggunakan software seperti Gimp. Gambar di hampir semua format (jpeg, bitmap, png) dapat digunakan. Blender juga memiliki banyak built-in tekstur generator yang dapat mensimulasikan berbagai karakteristik permukaan seperti seperti kayu, marmer, awan, ombak dan kekasaran permukaan.

Pencahayaan:

Pencahayaan menyediakan realisme adegan Anda melalui refleksi dan bayangan. Anda dapat mengontrol jenis cahaya, intensitas dan warna. Beberapa lampu dapat memberikan tampilan “kabut” atau “berdebu” dengan menggunakan efek halo atau efek pencahayaan volume. Jarak iluminasi juga dapat diatur.

Kamera:

Kamera Anda adalah apa yang anda lihat untuk sebuah adegan. Sama seperti sebuah kamera sungguhan, Anda dapat mengontrol ukuran lensa untuk mendapatkan gambar close-up atau sudut lebar. Jarak kliping juga dapat diatur untuk mengendalikan seberapa jauh dan dekat kamera dapat melihat. Depth-of-field sekarang dapat dikontrol dengan menggunakan node.

Posted on September 15, 2009, in Pendahuluan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: