Animasi

Animasi adalah serangkaian gambar yang sudah di-render menjadi sebuah film. Kualitas film Anda dikontrol oleh fitur misalnya frame per detik (fps), output ukuran, jenis file dan jenis kompresi. Metode yang paling umum dalam animasi disebut keyframing. Key frame dibuat pada berbagai titik dalam animasi sementara komputer menghasilkan semua frame transisi antara dua key frame. Dasar pembuatan animasi adalah mengubah ukuran, rotasi dan lokasi objek.

Faktor Waktu:
Di dalam ber-animasi, Anda harus terlebih dahulu menetapkan panjang animasi dengan banyaknya frame yang digunakan dan frame per detik (fps). Panjangnya waktu dapat dihitung dari sini:

Frame Rate Pilihan:

  • Standar video NTSC-US dan Jepang:  30 fps
  • Standar film-film: 24 fps
  • Standar video PAL-Eropa: 25 fps
  • Custom: atur fps Anda sendiri

* Kami biasanya menggunakan frame rate 25-30 fps tergantung pada kecepatan komputer atau jika kita berencana untuk menyimpan file ke DVD. Tekan tombol “PAL” atau “NTSC” untuk frame rate ini.

Membuat Keyframe:

Keyframe ditempatkan di awal dan akhir langkah yang dikehendaki, perubahan ukuran atau rotasi dari sebuah objek. Pikirkan berapa lama anda ingin perubahan terjadi dan menghubungkannya dengan fps Anda. Sebagai contoh, jika Anda ingin sebuah benda untuk bergerak dari titik A ke titik B dalam 2 detik dan Anda memiliki 30 fps, beri jarak kedua keyframe itu sebesar 60 frame.

Mengikuti Jalan dan Objek:

Pada kebanyakan program-program animasi, kamera dapat mengikuti path atau objek (atau keduanya) ketika bergerak. Fitur ini menghemat banyak waktu dan mengurangi animasi jumlah keyframe yang dibutuhkan.

Pilihan pada Output:

Kami biasanya menyimpan film kami dalam format MPEG untuk Windows. File jenis ini dengan mudah dapat dimainkan pada kebanyakan pemutar media dan dengan kualitas yang tinggi. Tergantung pada bagaimana Anda berencana untuk menggunakan film (yaitu di web, disimpan ke DVD, dimainkan dalam presentasi), Anda dapat menggunakan format yang berbeda. Contohnya adalah Apple Quicktime dan Windows AVI format. Format yang berbeda juga memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan kualitas. Sebagai contoh, format AVI dapat dikompres dengan menggunakan berbagai kompresor disebut CODEC.

Real-Time Animasi (Blender saja):

Real-time animasi memungkinkan Anda untuk menambahkan sifat-sifat fisik benda dan menggunakan keyboard dan fitur lain untuk mengendalikan mereka. Anda dapat membuat aktor, perubahan massa, pengendalian dampening (gesekan), menetapkan gaya dan torsi dalam bidang x, y, dan z dan menciptakan hubungan dengan objek-objek lain dalam satu adegan. Dengan waktu dan latihan, game 3D yang menarik dan menggunakan arsitektur real-time dapat diciptakan. Blender memungkinkan Anda untuk menggunakan mesin fisika (physics engine) untuk membuat trek animasi. Anda sekarang dapat menggunakan physics untuk menciptakan efek jatuh, berguling, dll yang realistis dan menggunakannya dalam film.

Posted on September 15, 2009, in Pendahuluan and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: