Rig Bola (Squash, Stretch, Roll)

Beberapa waktu yang lalu saya mencoba mencari tahu bagaimana menerapkan fitur squash dan stretch pada Blender. Intinya saya ingin menerapkan prinsip squash and stretch pada bola. Dari wiki.blender.org saya menemukan beberapa cara mulai dari menerapkan cara yang paling sederhana melalui scaling sampai yang lebih rumit menggunakan lattices deformations. Namun saya merasa cara yang disarankan tersebut terlalu menyita waktu saya😛 sementara yang saya butuhkan sebetulnya sederhana saja.

Setelah mencari di google, akhirnya saya temukan rig bola yang dibuat oleh JiriH. Bagi yang memerlukan rig tersebut dapat mengunduhnya di http://uploader.polorix.net//files/1545/S%26S_Ball_Ver_1_1.blend. Rig ini sangat mempermudah kita merapkan prinsip squash and stretch pada bola sehingga kita bisa lebih berkonsentrasi pada animasi bola tersebut.

Pengantar bagaimana menggunakan rig ini dapat anda lihat di video berikut ini:

Ini contoh video sederhana yang saya buat menggunakan rig tersebut:

Posted on September 14, 2009, in Rigs and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

